Pengaruh Perhatian orang tua, Konsep diri, Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Monika, Monika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1594/1/12090069%20MONICA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1594/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1594/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1594/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1594/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar, 2) pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar, 3) pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar, 4) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar 5) pengaruh perhatian orang tua, konsep diri, kedisiplinan dan motivasi belajar secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan November 2016. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Sampel dalam penelitian sebanyak 96 orang. Teknik penarikan sampelnya yaitu proportional random sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,274. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,212 > ttabel sebesar 1,98. Artinya apabila perhatian orang tua meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,274 dalam setiap satuannya. Kedua konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,279. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar thitung 3,967 > ttabel 1,98. Artinya, apabila konsep diri meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,279 dalam setiap satuannya. Ketiga kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,255. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 5,162 > ttabel sebesar 1,98. Artinya, apabila kedisiplinan meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,255 dalam setiap satuannya. Keempat motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,183. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 3,342 > ttabel sebesar 1,98. Artinya, apabila kedisiplinan meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,183 dalam setiap satuannya. Kelima perhatian orang tua, konsep diri, kedisiplinan dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana diperoleh nilai Fhitung 54,912 > Ftabel 2,47. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun saran yang bisa diberikan antara lain adalah orang tua harusnya dapat meningkatkan perhatiannya terhadap siswa dan siswapun harus meningkatkan konsep diri, kedisiplinan, dan motivasi belajar guna meningkatkan hasil belajar ke arah yang lebih baik.