Daftar Isi:
  • Hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 3 Pariaman masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penyebabnya antara lain adalah karena dalam proses pembelajaran partisipasi aktif siswa kurang, dalam penerapan metode diskusi atau kerja kelompok belum terarah, pemecahan diskusi pembelajaran masih terpusat pada guru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation disertai media Gambar terhadap hasil belajar biologi kelas XI SMAN 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN3 Pariaman yang terdaftar di semester I tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Hasil teknik ini didapatkan kelas eksperimen dan kontrol yaitu XI IPA4 dan XI IPA3. Instrumen yang digunakan dalam ranah kognitif adalah berupa tes tertulis, ranah afektif adalah lembaran penilaian diri dan antar teman, analisis data yang digunakan pada ranah kognitif dengan menggunakan uji-t’, afektif, dan psikomotor di analisis menggunakan uji-t dengan taraf (α = 0,05). Hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kedua kelas sampel. Rata-rata nilai ranah kognitif kelas eksperimen 63,80 dan kelas kontrol 66,43. Pada ranah afektif nilai penilaian diri pada kelas eksperimen 77,57 dan kelas kontrol 79,50. Sedangkan nilai teknik penilaian antar teman pada kelas eksperimen 76,58 dan kelas kontrol 77,83 pada ranah psikomotor kelas eksperimen memiliki rata-rata 82,43 dan kelas kontrol 57,23. Hasil uji hipotesis didapatkan pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor hipotesis ditolak Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai Media Gambar tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor siswa kelas XI SMAN3 Pariaman.