Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran di SMAN 1 Lengayang sudah menggunakan LKS, namun LKS yang digunakan yaitu LKS yang dijual dipasaran. LKS tersebut belum sesuai dengan unsur-unsur LKS yang benar seperti tidak adanya petunjuk belajar, informasi pendukung, tujuan pembelajaran dan tampilan LKS kurang menarik. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan maka dilakukan penelitian tentang Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Saintifik Pada Materi Virus Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan LKS dengan pendekatan saintifik pada materi virus yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap Define, Design, Development dan Disseminate. Tahap Disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Penelitian ini terdiri dari 5 orang validator yaitu 3 orang dosen dan 2 orang guru. Uji praktikalitas oleh 2 orang guru dan 27 orang siswa kelas X IPA 1. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas LKS berbasis saintifik menunjukkan pada kriteria sangat valid 87,01% Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan kriteria sangat praktis yaitu 85,3% dan hasil uji praktikalitas siswa 88,93% kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Saintifik Pada Materi Virus Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dihasilkan telah memenuhi kriteria yaitu sangat valid dan sangat praktis.