Pengaruh Perhatian Orang Tua, Teman Sebaya, Iklim Kelas dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping

Main Author: Desi Novita, Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1582/4/12090055%20DESI%20NOVITA%20SARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1582/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1582/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1582/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1582/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: pengaruh perhatian orang tua, teman sebaya, dan iklim kelas terhadap minat belajar Ekonomi siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping. Serta pengaruh perhatian orang tua, teman sebaya, iklim kelas dan minat belajar terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan November 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping yang berjumlah sebanyak 189 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup, dengan teknik analisis data analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap minat belajar, dengan nilai koefisien jalur 0,271 dan thitung 4,851 > ttabel 1,97. Kedua teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap minat belajar, dengan nilai koefisien jalur 0,454 dan thitung 8,185 > ttabel 1,97. Ketiga iklim kelas berpengaruh signifikan terhadap minat belajar, dengan nilai koefisien jalur 0,234 dan thitung 3,819 > ttabel 1,97. Keempat perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai koefisien jalur 0,161 dan thitung 2,418 > ttabel 1,97. Kelima teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai koefisien jalur 0,164 dan thitung 2,253 > ttabel 1,97. Keenam iklim kelas berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai koefisien jalur 0,364 dan thitung 3,685 > ttabel 1,97. Ketujuh minat belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai koefisien jalur 0,315 dan thitung 3,815 > ttabel 1,97. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya orang tua dan sekolah saling bekerjasama untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dan siswa sebaiknya saling bekerjasama dalam belajar, sehingga hasil belajar juga dapat meningkat.