Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa MTsN Lubuk Buaya Padang telah menerapkan kurikulum 2013, tetapi belum sepenuhnya berjalan dengan semestinya. Dalam proses pembelajaran siswa masih cenderung pasif, siswa kurang aktif, minat, dan motivasi siswa dalam belajar masih rendah, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka guru dituntut kreatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Examples Non Examples terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang yang terdaftar pada tahun 2017/2018. Kelas eksperimen VIII.1 dan Kelas kontrol VIII.2 yang diambil dengan menggunakan teknik Purporsive Sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Group Posttest Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada penilaian ranah afektif adalah lembaran observasi sikap, ranah kognitif adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif yang berjumlah 71 butir soal, sedangkan pada ranah psikomotor melalui penilaian produk berupa laporan diskusi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf (α = 0,05). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata hasil belajar siswa pada ranah afektif kelas eksperimen adalah 75,14 dan kelas kontrol adalah 72,22. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung 0,81 < ttabel 1,67, maka hipotesis pada ranah afektif ditolak. Pada ranah kognitif rata-rata nilai siswa kelas eksperimen adalah 77,89 dan kelas kontrol adalah 71,28. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung 2,02 > ttabel 1,67, maka hipotesis pada ranah kognitif diterima. Pada ranah psikomotor rata-rata nilai siswa kelas eksperimen adalah 80,70 dan kelas kontrol adalah 73,47. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung 1,87 > ttabel 1,67, maka hipotesis pada ranah psikomotor diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada ranah kognitif dan ranah psikomotor, sedangkan pada ranah afektif tidak dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang.