Pengaruh Kemandirian Belajar, Disiplin Belajar, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Pancung Soal Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Weni Eka, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1578/1/12090033%20WENI%20EKA%20PUTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1578/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1578/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1578/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1578/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Pancung Soal Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. 2) pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pancung Soal Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. 3) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pancung Soal Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan 4) pengaruh kemandirian belajar, disiplin belajar, dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pancung Soal Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 263 orang siswa dengan 156 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar, disiplin belajar, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pancung Soal. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pancung Soal Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan, dimana nilai koefisien sebesar 0,172 dengan sig 0,002 < α 0,05 dan thitung 3,194 > ttabel 1,97559. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pancung Soal Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisisr Selatan, dimana nilai koefisien sebesar 0,147 dengan sig 0,014 < α 0,05 dan thitung 2,475 > ttabel 1,97559. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pancung Soal Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisisr Selatan, dimana nilai koefisien sebesar 0,420 dengan sig 0,000 < α 0,05 dan thitung 6,554 > ttabel 1,97559. (4) terdapat pengaruh signifikan antara kemandirian belajar, disiplin belajar, dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Pancung Soal Kecamatan Pancung Soal Kabupataen Pesisir Selatan, dimana nilai koefisien sebesar 27,428 dengan sig 0,000 <0,05 dan Fhitung 46,488 > Ftabel 2,66. Besarnya pengaruh kemandirian belajar, disiplin belajar fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa yaitu 47,8% dan sisanya 52,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Dengan demikian disarankan kepada guru agar meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam belajar dengan hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa, kepada orang tua seharusnya berperan aktif memberikan fasilitas yang baik, dan memberikan ketegasan kepada siswa supaya lebih disiplin dan dapat meningkatkan hasil belajar yang baik.