Pengaruh Media Pembelajaran, Konsep Diri, dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Adabiah 2 Padang
Main Author: | Saifullah, Rahmat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1571/3/12090011%20SAIFULLAH%20RAHMAT.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1571/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1571/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1571/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1571/5/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1571/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Adabiah 2 Padang, 2) Pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Adabiah 2 Padang, 3) Pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Adabiah 2 Padang, 4) Pengaruh media pembelajaran, konsep diri dan cara belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI di SMA Adabiah 2 Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Adabah 2 Padang yang berjumlah sebanyak 108 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 85 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA Adabiah 2 Padang. Dengan nilai koefisien sebesar 0,341, nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,239 > ttabel sebesar 1,663. Artinya apabila media pembelajaran meningkat sebesar setiap satuan. Maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,341 satuan. Kedua konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA Adabiah 2 Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,310. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 5,034 > ttabel 1,663. Artinya, apabila konsep diri meningkat, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,310 dalam setiap satuannya. Ketiga cara belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA Adabiah 2 Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,480. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 4,949 > ttabel sebesar 1,663. Artinya, apabila cara belajar meningkat, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,480 dalam setiap satuannya. Keempat media pem ran, konsep diri dan cara Belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhad hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA Adabiah 2 Padang. mana diperoleh nilai Fhitung 100,460 > Ftabel 2,32 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Maka disarankan kepada guru dalam proses belajar mengajar guru harus menggunakan bervariasi media termasuk infokus, dengan menggunakan variasi maka akan menghilangkan rasa bosan dalam proses belajar mengajar. Kepada siswa supaya selalu rajin belajar dan bertanya jika ada mengalami kesulitan dalam belajar, jika ada soal-soal atau tugas yang diberikan guru maka siswa mengerjakan dirumah.