ctrlnum 1569
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1569/</relation><title>Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Disertai Lds Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan</title><creator>Septia, Ruliyani</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, diantaranya siswa kurang termotivasi dalam proses pembelajaran dan siswa kurang aktif dalam belajar serta guru hanya mengunakan metode ceramah dan tanya jawab, belum digunakannya model dalam proses pembelajaran sehingga berdampak terhadap Hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sehinnga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model problem based learning (PBL) disertai lembaran diskusi siswa (LDS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.&#xD; Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi adalah seluruh&#xD; siswa kelas VIII yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penarikan sampel dengan menggunakan rancangan &#x201C;Randomized Control Group Posttest Only Design&#x201D;. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Lengayang. Pengambilan sampel mengunakan teknik purposive sampling. kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis dengan bentuk soal objektif. Analisis data digunakan dengan uji -t.&#xD; Berdasarkan skor tes hasil belajar IPA siswa, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 71,33 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 67,38. Hasil analisis uji-t, diperoleh thitung (1,61) &lt; ttabel (0,71) yang berarti H1 ditolak. Nilai rata-rata pada ranah afektif untuk kelas eksperimen diperoleh dengan modus 3,00 dengan predikat B+ dan kelas kontrol diperoleh nilai modus 2,68 dengan predikat B. Pada Capaian optimun ranah psikomotor untuk kelas eksperimen diperoleh capaian optimun 3,29 dengan predikat B+ dan kelas kontrol diperoleh capaian optimum 3,03 dengan predikat B. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pembelajaran problem based learning disertai lembaran diskusi siswa (LDS) tidak meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.</description><date>2017-04-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1569/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1569/1/Kesimpulan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1569/3/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1569/4/12010237%20SEPTIA%20RULIYANI.pdf</identifier><identifier> Septia, Ruliyani (2017) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Disertai Lds Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat. </identifier><recordID>1569</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Septia, Ruliyani
title Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Disertai Lds Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan
publishDate 2017
topic LB Theory and practice of education
LB1603 Secondary Education. High schools
url http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1569/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1569/1/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1569/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1569/4/12010237%20SEPTIA%20RULIYANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1569/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, diantaranya siswa kurang termotivasi dalam proses pembelajaran dan siswa kurang aktif dalam belajar serta guru hanya mengunakan metode ceramah dan tanya jawab, belum digunakannya model dalam proses pembelajaran sehingga berdampak terhadap Hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sehinnga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model problem based learning (PBL) disertai lembaran diskusi siswa (LDS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penarikan sampel dengan menggunakan rancangan “Randomized Control Group Posttest Only Design”. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Lengayang. Pengambilan sampel mengunakan teknik purposive sampling. kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis dengan bentuk soal objektif. Analisis data digunakan dengan uji -t. Berdasarkan skor tes hasil belajar IPA siswa, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 71,33 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 67,38. Hasil analisis uji-t, diperoleh thitung (1,61) < ttabel (0,71) yang berarti H1 ditolak. Nilai rata-rata pada ranah afektif untuk kelas eksperimen diperoleh dengan modus 3,00 dengan predikat B+ dan kelas kontrol diperoleh nilai modus 2,68 dengan predikat B. Pada Capaian optimun ranah psikomotor untuk kelas eksperimen diperoleh capaian optimun 3,29 dengan predikat B+ dan kelas kontrol diperoleh capaian optimum 3,03 dengan predikat B. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pembelajaran problem based learning disertai lembaran diskusi siswa (LDS) tidak meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
id IOS6178.1569
institution STKIP PGRI Sumatra Barat
institution_id 169
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STKIP PGRI Sumatra Barat
library_id 435
collection Repositori STKIP PGRI Sumatera Barat
repository_id 6178
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6178
first_indexed 2019-05-09T05:43:26Z
last_indexed 2019-05-09T05:43:26Z
recordtype dc
_version_ 1685976350826954752
score 17.538404