Penerapan Model Pembelajaran Learning Stars With A Question (LSQ) Disertai Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam
Main Author: | Wika, Silvia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1563/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1563/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1563/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1563/4/12010216%20WIKA%20SILVIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1563/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran merupakan proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada siswa. Pada saat proses pembelajaran guru seharusnya mampu menciptakan kondisi belajar yang dapat melibatkan siswa secara aktif baik fisik maupun mental, sehingga siswa dapat termotivasi dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini dituntut keterampilan guru dalam memilih berbagai strategi, pendekatan, metode serta model pembelajaran yang tepat sehingga dapat mengembangkan kualitas dan potensi yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Learning Stars With A Question (LSQ) disertai media power point terhadap hasil belajar biologi siswa kelas x di SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posstest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester 2 SMA N 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive Sampling, sehingga diperoleh kelas sampel adalah X.6 sebagai kelas eksperimen dan X.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen penilaian yang digunakan adalah pada ranah afektif berupa lembar observasi sikap dan penilaian ranah kognitif berupa tes akhir hasil belajar dalam bentuk tes pilihan ganda sebanyak 58 butir soal Analisis data dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan, rata-rata afektif kelas eksperimen adalah 89,06 dengan predikat A(sangat baik) dan pada kelas kontrol didapatkan nilai rata-rata afektif yaitu 82,32 dengan predikat B(baik). Nilai rata-rata kognitif kelas eksperimen adalah 70,95 dengan predikat B(baik) sedangkan kelas kontrol adalah 60,98 dengan predikat C(cukup). Dari analisi uji-t diperoleh thitung = 2.50 > ttabel = 1.67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Stars With A Question (LSQ) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X di SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam.