Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik terhadap keputusan pembelian; pengaruh kredibilitas terhadap keputusan pembelian; Pengaruh keahlian terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen produk Yamaha Mio di Kenagarian Gurun Panjang, Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) analisis deskriftif, (2) analisis induktif, (3) uji asumsi klasik, (4) analsisi regresi berganda, (5) koefisien determinasi, (6) uji hipotesis. Hasil analisa data menunjukkan bahwa daya tarik diperoleh nilai koefisien sebesar 0,591. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung > ttabel (10,42 > 2,03), dengan alpha 5%, dan sig < alpha (0,00 < 0,05), berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara daya tarik terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha mio di Kenagarian Gurun Panjang, Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Kredibilitas diperoleh nilai koefisien sebesar 0,588. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung > ttabel (11,07 > 2,03), dengan alpha 5%, dan sig < alpha (0,00 < 0,05), berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kredibilitas terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha mio di Kenagarian Gurun Panjang, Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Keahlian diperoleh nilai koefisien sebesarm 0,714. Angka koefisien ini signifikan karena nilai thitung > ttabel (10,27 > 2,03), dengan alpha 5%, dan sig < alpha (0,00 < 0,05), berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keahlian terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha mio di Kenagarian Gurun Panjang, Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Sedangkan nilai > F tabel (72,56 > 2,85) dan sig < alpha (0,00 < 0,05). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara daya tarik, kredibilitas, dan keahlian terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha mio di Kenagarian Gurun Panjang, Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Sedangkan berdasarkan pengujian koefisien diperoleh nilai R square sebesar 0,858, artinya sebesar 85,80% perubahan pada variabel dependen (keputusan pembelian) dapat dijelaskan atau disumbangkan oleh variabel independen (daya tarik, kredibilitas, dan keahlian), sedangkan sisanya sebesar 14,20% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini. Saran : diharapkan kepada perusahaan untuk lebih selektif dalam memilih celebrity endoser agar dapat meningkatkan penjualan dari produk yang dipasarkan.