Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Disertai LDS Bergambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Di SMPN 29 Padang

Main Author: Cici, Rahayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1553/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1553/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1553/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1553/4/12010205%20CICI%20RAHAYU.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1553/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMPN 29 Padang, ditemukan bahwa kurangnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, model dan media pembelajaran yang diterapkan guru belum tepat terutama pada materi Sistem Pernapasan pada Manusia. Hal ini menyebabkan siswa kurang memahami materi yang dipelajari sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa masih ada yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 76 pada materi Sistem Pernapasan pada Manusia. Untuk mengatasi permasalahan yang ditemui di sekolah tersebut, dituntut kreativitas guru menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran adalah Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray disertai LDS bergambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 29 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Randomized Control-group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan kelas sampel dengan cara pengundian, kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif yaitu tes tertulis, sedangkan ranah afektif menggunakan lembar observasi sikap dan ranah psikomotor menggunakan lembar penilaian produk. Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf korelasi kepercayaan 95% (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian yaitu hasil belajar siswa pada ranah afektif diperoleh nilai kelas eksperimen yaitu B (76,56) dan kelas kontrol yaitu C (65,95). Ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu B (77,89) dan kelas kontrol yaitu B (71,26). Hasil analisis uji-t diperoleh thitung (3,45) > ttabel (1,67) yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima., Ranah psikomotor diperoleh nilai capaian optimum kelas eksperimen yaitu B (77,73) dan kelas kontrol yaitu C (69,35). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray disertai LDS Bergambar berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 29 Padang.