Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Wahyu, Misda Rahmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1551/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1551/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1551/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1551/4/12010196%20WAHYU%20MISDA%20RAHMI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1551/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih didominasi guru. Siswa kurang memperhatikan guru disaat menjelaskan materi, cenderung pasif dan kurang berpartisipasi, model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran belum membuat siswa termotivasi dalam belajar. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMAN 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun 2016/2017. Kelas eksperimen X IPA4 dan kelas kontrol X IPA3 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posted Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada penilaian sikap adalah berupa lembar observasi yang bertujuan untuk melihat sikap siswa selama proses pembelajaran. Penilaian psikomotor dapat dilihat dari laporan diskusi yang dibuat siswa. Analisis data dilakukan dengan uji-t, dengan kriteria thitung>ttabel. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen 75,6 sedangkan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol 69,85. Rata-rata hasil belajar ranah afektif kelas eksperimen pada 80,48 sedangkan pada kelas kontrol 74,24 dengan berpredikat yang sama (B). Rata-rata hasil belajar pada ranah psikomotor kelas eksperimen 76,01 sedangkan pada kelas kontrol 72.22 dengan predikat yang sama (B). Berdasarkan hasil uji-t pada ranah kognitif didapatkan harga thitung 2.04 dan ttabel 1,67 berarti thitung > ttabel, maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media gambar terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X SMAN 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan .