Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi berbasis pendekatan Saintifik pada materi Fungi (jamur) untuk tingkat SMA/MA Sederajat
Main Author: | Dita, Maifo Wahyuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1550/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1550/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1550/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1550/4/12010194%20DITA%20MAIFO%20WAHYUNI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1550/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran membutuhkan suatu media demi tercapainya tujuan pembelajaran, di Man Salido guru menggunakan bahan ajar yang kurang menarik sehingga kurang termotivasi siswa untuk belajar untuk itu perlu mengembangkan bahan ajar berupa LKS. Bahan ajar yang dipelajari siswa belum mencakup semua tujuan pembelajaran yang diharapkan, kemudian belum juga tersedia gambar yang jelas dan juga masih banyak terdapat soal yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penelitian bertujuan mengetahui validitas dan praktikalitas LKS berbasis Saintifik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap Define, Design, Development dan Disseminate. Tahap Disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan. Penelitian ini terdiri dari 5 orang validator yaitu 3 orang dosen dan 2 orang guru. Uji praktikalitas oleh 2 orang guru dan 25 orang siswa kelas X. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas LKS menunjukkan pada kriteria sangat valid yaitu 86,68% Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan kriteria sangat praktis yaitu 94,78% dan hasil uji praktikalitas siswa 90,14% kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Saintifik pada materi Fungi (jamur) yang dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis.