Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini dilihat dari banyak siswa yang kurang serius dalam mengikuti pembelajaran khususnya diwaktu pelaksanaan diskusi kelompok, siswa masih kurang memperhatikan penjelasan guru, siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Menyadari hal tersebut penelitian yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas LKS berbasis Learning Cycle 5-E dilengkapi peta konsep yang dikembangkan oleh peneliti sebelumnya pada materi sistem pencernaan manusia terhadap aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII 4 semester I SMP Pertiwi 2 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Developmen). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 4 semester I SMP Pertiwi 2 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek uji pada penelitian ini adalah LKS berbasis Learning Cycle 5-E dilengkapi Peta konsep pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Oktober 2016. Rancangan dari penelitian ini adalah penggunaan satu kelas sebagai kelas uji dengan menggunakan desain eksperimen Before-After. Hasil penelitian ini mendapatkan rata-rata aktivitas siswa pada kelas VIII4 semester I SMP Pertiwi 2 Padang adalah 67,62% dengan kriteria tinggi dan tingkat aktivitas efektif. Rata-rata motivasi siswa pada kelas VIII4 semester I SMP Pertiwi 2 Padang adalah 81,73% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan analisis yang didapat nilai rata-rata tes akhir (Posttest-O2) adalah 86,05, lebih tinggi dari pada nilai rata-rata tes awal (Pretest-O1) 35,09 pada pertemuan I. Berdasarkan uji efektivitas pada pertemuan I nilai t hitung lebih besar dari pada nilai t tabel. Nilai t hitung sebesar 16,07 sementara nilai t tabel 2,056 (5%) dan 2,779 (1%). nilai rata-rata tes akhir (Posttest-O2) adalah 80,76, lebih tinggi dari pada nilai rata-rata tes awal (Pretest-O1) 34,09 pada pertemuan II. Berdasarkan uji efektivitas pada pertemuan II nilai t hitung lebih besar dari pada nilai t tabel. Nilai t hitung sebesar 25,35 sementara nilai t tabel 2,056 (5%) dan 2,779 (1%). nilai rata-rata tes akhir (Posttest-O2) adalah 80, lebih tinggi dari pada nilai rata-rata tes awal (Pretest-O1) 56,92 pada pertemuan III. Berdasarkan uji efektivitas pada pertemuan III nilai t hitung lebih besar dari pada nilai t tabel. Nilai t hitung sebesar 5,09 sementara nilai t tabel 2,060 (5%) dan 2,787 (1%). Berdasarkan ketuntasan hasil belajar adalah 79,29%. Dari analisis data yang diperoleh setelah dilakukan uji statistik dan uji efektivitas dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS berbasis Learning Cycle 5-E dilengkapi peta konsep efektif terhadap aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa biologi di kelas VIII4 semester I SMP Pertiwi 2 Padang pada materi sistem pencernaan manusia.