Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Santi, Dewita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1546/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1546/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1546/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1546/4/12010182%20SANTI%20DEWITA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1546/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa pada materi zat aditif dan zat adktif di SMPN 2 Bayang Kebupaten Pesisir Selatan karena Guru kurang bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran saat proses pembelajara, siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran sehingga siswa cendrung pasif, cara belajar siswa masih individu saat diskusi dan guru jarang menggunakan media pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka guru dituntut kreativif dalam memilih model pembelajaran dan menggunakan media pembelajaran yang tepat sehingga dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Group Investigation (GI), dimana model group investigation dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation disertai Media Gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen, dengan rancangan penelitian Randommized Control Group-Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMPN 2 Bayang Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian yaitu hasil belajar siswa pada ranah afektif diperoleh nilai kelas eksperimen yaitu 77,66 memperoleh predikat B dan kelas kontrol 70,22 memperoleh predikat B. Ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 79,92 memperoleh predikat B dan kelas konrol yaitu 71,52 memperoleh predikat B. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung (4,37) > ttabel(1,68) yang berati hipotesis dalam penelitian ini diterima. Ranah psikomotor diperoleh nilai capaian optimum kelas eksperimen yaitu 84,78 memperoleh predikat B dan kelas kontrol yaitu 84,33 memperoleh predikat B. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapkan model pembelajaran Group Investigation disertai media dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan pada tahun pelajaran 2016/2017.