Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 35 Padang

Main Author: Riri, Permata Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1532/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1532/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1532/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1532/4/12010136%20RIRI%20PERMATA%20SARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1532/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya interaksi antara siswa dengan guru, model dan media pembelajaran yang diterapkan guru belum tepat, terutama pada materi Sistem Gerak Pada Manusia, sehingga hal ini berdampak terhadap nilai ulangan harian siswa Semester Ganjil Tahun 2015/2016 yaitu 61,18% berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 77. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 35 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posstest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 35 Padang pada semester I Tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga terpilih kelas eksperimen VIII1 dan kelas kontrol VIII3. Teknik analisis data ranah kognitif dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Hasil analisis data pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05) diperoleh thitung = 5,44 dan ttabel = 1,67, karena thitung > ttabel maka hasil belajar biologi kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, hal ini berarti hipotesis diterima ( 1). Nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah 70,80 sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 58,40. Penilaian afektif kelas eksperimen berada pada predikat Sangat Baik (3,90) dan kelas kontrol berada pada predikat Baik (3,28). Penilaian psikomotor pada kelas eksperimen didapatkan nilai ketuntasan A- (3,56), sedangkan pada kelas kontrol didapatkan nilai ketuntasan A- (3,55). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS) berpengaruh baik terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 35 Padang.