Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 1 Lembah Gumanti
Main Author: | Elfi, Gusri Yanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1529/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1529/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1529/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1529/4/12010127%20ELFIGUSRI%20YANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1529/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya interaksi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru, hal ini disebabkan karena hasil belajar siswa masih rendah, siswa kurang aktif dalam kerja kelompok dan cenderung mengandalkan siswa yang pandai, siswa kurang memperhatikan guru ketika guru menjelaskan materi dan malu bertanya tentang materi yang belum dipahaminya. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) diserta media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa di SMA N 1 Lembah Gumanti. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan “Randomized Control Group Posttest Only Design “ Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Lembah Gumanti. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada ranah kognitif adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 51 soal. Ranah afektif berupa lembar observasi yang bertujuan untuk melihat sikap siswa selama proses pembelajaran. Ranah psikomotor dapat dilihat pada hasil laporan diskusi siswa. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji- t dengan kriteria thitung>ttabel Hasil penelitian pada ranah kognitif terlihat bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibandingan kelas kontrol yaitu 78,24 dan 69,03. Skor rerata nilai kelas eksperimen setelah dikonversi yaitu 3,13 dengan predikat B+ dan kelas kontrol 2,76 dengan predikat B- . Penilaian afektif siswa pada kelas eksperimen tergolong baik dengan rata-rata capaian modus penilaian 3,55 dengan predikat B sedangkan untuk kelas kontrol tergolong cukup dengan rata-rata capaian modus 3,29 dengan predikat B. Penilaian psikomotor siswa yang ditunjukkan pada kelas eksperimen tergolong sangat baik dengan rata-rata capaian optimum 3,51dengan predikat A sedangkan untuk kelas kontrol baik dengan rata-rata capaian optimum 3,43 dengan predikat B. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Lembah Gumanti.