Tingkat Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Pantai Padang
Main Author: | Endrianto, Asmara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1524/4/13030084%20ENDRIANTO%20ASMARA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1524/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1524/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1524/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1524/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan kepuasan wisatawan terhadap pengembangan sarana dan prasarana di objek wisata Pantai Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis data mengenai tingkat kepuasan wisatawan dari sapta pesona, aksesibilitas dan fasilitas di objek wisata pantai padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang berkunjung ke objek wisata pantai padang. Penerapan sampel responden dalam penelitian ini memakai teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif yaitu digunakan analisis statistik berupa formula persentase. Hasil penelitian meliputi: 1). Tingkat kepuasan wisatawan terhadap sapta pesona sebagai berikut : (a) keamanan sebesar 69,93% berkategori puas (b) ketertiban sebesar 70,46% berkategori puas (c) kebersihan sebesar 57,86% berkategori cukup puas (d) kesejukan sebesar 71,33% berkategori puas (e) keindahan sebesar 73,8% berkategori puas (f) ramah tamah sebesar 66% berkategori puas (g) kenangan sebesar 63,93% berkategori puas. 2). Tingkat kepuasan wisatawan terhadap aksesibilitas : (a) sarana transportasi sebesar 69,38% berkategori puas (b) prasarana transportasi sebesar 66,08% berkategori puas. 3). Tingkat kepuasan wisatawan terhadap fasilitas sebagai berikut : (a) ketersediaan akomodasi hotel/penginapan sebesar 76,57% berkategori puas (b) mushalla sebesar 72,35% berkategori puas (c) tempat parkir sebesar 66,13% berkategori puas (d) taman bermain sebesar 66,57% berkategori puas (e) kamar mandi dan toilet sebesar 56,13% berkategori cukup puas.