Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With A Question (LSQ) yang Diawali Tugas Meringkas Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 10 Sijunjung

Main Author: Zuldevi, Yanni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1513/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1513/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1513/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1513/4/12010101%20ZULDEVI%20YANNI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1513/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar biologi siswa pada materi Archaebacteria dan Eubacteria. Hal ini disebabkan karena rendahnya minat siswa untuk bertanya mengakibatkan guru kurang mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan, serta kurang bervariasinya strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkan strategi pembelajaran aktif tipe learning start with a question (LSQ) yang diawali tugas meringkas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe learning start with a question (LSQ) yang diawali tugas meringkas terhadap hasil belajar biologi pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor siswa kelas X SMAN 10 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 10 Sijunjung yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian adalah penilaian pada ranah afektif melalui lembar observasi sikap (kerjasama, menghargai dan bertanggung jawab), kognitif melalui tes hasil belajar berupa nilai akhir dan psikomotor diperoleh dari hasil karya siswa berupa produk yaitu membuat ringkasan. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penilaian yang telah dilakukan pada kelas sampel didapatkan bahwa nilai rata-rata ranah afektif pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 88,11 dan 71,69. Hasil penilaian pada ranah kognitif diperoleh rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 67,38 dan 57,60. Penilaian pada ranah psikomotor diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 66,66 dan 32,14. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe learning start with a question (LSQ) yang diawali tugas meringkas dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor siswa kelas X SMAN 10 Sijunjung.