Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) disertai Media Gambar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Sungai Rumbai Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Erin, Karlina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1512/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1512/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1512/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1512/4/12010099%20ERIN%20KARLINA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1512/
Daftar Isi:
  • Hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Sungai Rumbai pada materi protista masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Rendahnya hasil belajar siswa diduga karena dalam proses pembelajaran masih banyak ditemukan siswa yang pasif, metode pembelajaran yang diterapkan guru masih belum mampu mencapai hasil maksimal. Salah satu cara yang dapat diterapkan oleh guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Sungai Rumbai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) yang disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas X SMAN 1 Sungai Rumbai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Randomized Control Group Only Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sungai Rumbai Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan terpilih kelas eksperimen X.3 dan kelas kontrol X.1. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif adalah tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda, instrumen pada ranah afektif yaitu lembaran observasi, dan instrumen ranah psikomotor yaitu laporan hasil diskusi siswa. Hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi dibanding kelas kontrol, dimana pada ranah kognitif rata-rata kelas eksperimen 79 sedangkan kelas kontrol 73,5. Ranah afektif pada kelas eksperimen memiliki modus 3,46 dengan predikat baik sedangkan kelas kontrol 3,38 dengan predikat baik. Ranah psikomotor pada kelas eksperimen memiliki capaian optimum 3,62 dengan predikat A- sedangkan kelas kontrol 3,85 dengan predikat A. Uji hipotesis yang diperoleh = 1,59 dan = 1,67, karena maka hipotesis ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai media gambar tidak meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Sungai Rumbai tahun pelajaran 2016/2017.