Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Disertai LDS Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Sungai Geringging Kab. Padang Pariaman

Main Author: Mulyarni, Hidayah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1510/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1510/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1510/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1510/4/12010097%20MULYARNI%20HIDAYAH.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1510/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar biologi siswa SMA N 1 Sungai Geringging, kab. Padang Pariaman, yaitu nilai rata-rata ulangan harian Biologi siswa pada materi sistem gerak pada tubuh manusia. Disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu, pembelajaran masih terpusat pada guru, penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat, media yang kurang bervariasi, sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan siswa menjadi bosan dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) disertai LDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) disertai LDS terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA N 1 Sungai Geringging, Kab. Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Sungai geringging, Kab. Padang Pariaman Tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling sehingga terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPA 1 dan kelas kontrol adalah kelas XI IPA 3. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar berupa tes tertulis, dengan bentuk soal objektif dengan 56 butir soal. Penilaian ranah afektif dan ranah psikomotor dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data yang dilakukan dengan uji-t, dengan kriteria thitung> ttabel. Hasil belajar dari analisis tes akhir pada penilaian kognitif terlihat bahwa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dimana nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,2 dan kelas kontrol 73,26. Pada kedua kelas sampel terjadi peningkatan pada hasil kognitif tetapi pada kelas kontrol nilai rata-rata siswa masih dibawah KKM. Uji hipotesis diperoleh thitung 1,78 dan ttabel 1,67. Dengan demikian thitung> ttabel, maka hipotesis diterima. Pada penilaian afektif dan psikomotor kelas eksperimen mendapatkan nilai yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai LDS dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA N 1 Sungai Geringging Kab. Padang Pariaman.