Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Learning Cycle 5-E Pada Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Kelas XI SMA Semester I
Main Author: | Rafidah, Aini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1503/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1503/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1503/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1503/4/12010075%20RAFIDAH%20AINI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1503/ |
Daftar Isi:
- Keberhasilan proses belajar mengajar salah satunya ditentukan oleh faktor guru karena guru mempunyai peran penting dalam pemilihan bahan ajar. Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran biologi adalah buku teks (buku paket) dan LKS. Buku paket yang tersedia belum mencukupi untuk seluruh siswa di sekolah. Selain buku paket, siswa juga memiliki LKS, komponen yang ada dalam LKS belum memadai karena tidak sesuai dengan komponen LKS yang seharusnya, karena itu bahan ajar penunjang seperti LKS yang digunakan guru dan siswa di sekolah sebaiknya dibuat sendiri oleh guru. Untuk mengatasi masalah tersebut maka LKS yang sudah ada perlu dikembangkan sehingga sesuai dengan standar LKS yang ada. Salah satu bentuk LKS yang bisa digunakan adalah LKS berbasis Learning Cycle 5-E. Berdasarkan latar belakang di atas, maka telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Learning Cycle 5-E pada materi sistem peredaran darah untuk kelas XI SMA semester I yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu, define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Tahap pendefenisian terdiri dari analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep dan analisis tujuan pembelajaran. Pada tahap perancangan dilakukan perancangan LKS berbasis Learning Cycle 5-E pada materi sistem peredaran darah, kemudian pada tahap pengembangan dilakukan uji validitas oleh validator yang terdiri dari 2 orang dosen yakni dosen anatomi dan fisiologi manusia serta dosen media pembelajaran. LKS berbasis Learning Cycle 5-E yang dikembangkan juga divalidasi oleh 2 orang guru biologi SMAN 1 Lembah Melintang. Uji praktikalitas oleh 2 orang guru biologi dan 55 siswa kelas XI SMA yang terdiri dari 50% siswa kelas unggul dan 50% siswa kelas biasa. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil uji validitas LKS berbasis Learning Cycle 5-E oleh validator adalah 90,05% dengan kriteria sangat valid, ditinjau dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan bahwa LKS ini pada kriteria sangat praktis yaitu 89,3% dan oleh siswa pada kriteria sangat praktis yaitu 87% ditinjau dari segi kemudahan dalam penggunaan, manfaat dan efisiensi waktu pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Learning Cycle 5-E pada materi sistem peredaran darah yang dihasilkan valid dan praktis.