Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD Disertai LDS Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 1 Sungai Geringging Kab. Padang Pariaman
Main Author: | Friska, Admutia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1501/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1501/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1501/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1501/4/12010071%20FRISKA%20ADMUTIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1501/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Sungai Geringging. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada materi jamur. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya dalam proses belajar mengajar masih terpusat pada guru, penggunaan model pembelajaran kurang tepat serta media yang kurang bervariasi oleh guru menjadikan mata pelajaran biologi kurang menarik dan partisipasi siswa dalam bertanya masih kurang. Upaya mengatasi permasalahan tersebut penulis menerapkan model pembelajaran STAD disertai LDS. Siswa sulit memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran STAD disertai LDS terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Sungai Geringging Kab. Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Sungai Geringging yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 9 kelas. Sampel yang diambil pada mengunakan teknik purposive sampling. Diperoleh kelas sampel yaitu kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa tes soal objektif sebanyak 32 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 77,49 sedangkan kelas kontrol 61,31. Dari analisis uji hipotesis pada ranah kognitif yang di dapatkan 2,28 sedangkan 1,67. Hal ini berarti bahwa > dengan demikian hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajran kooperatif tipe STAD yang disertai LDS dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Sungai Geringging Kab. Padang Pariaman.