Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Padang Gelugur
Main Author: | Srik, Lestari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1498/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1498/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1498/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1498/4/12010060%20SRIK%20LESTARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1498/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang terdapat di SMA Negeri 1 Padang Gelugur bahwa motivasi dan keaktifan siswa masih rendah akibatnya nilai siswa kelas X masih ada yang dibawah KKM. KKM yang ditetapkan yaitu 75. Salah satu materi yang nilainya dibawah KKM adalah materi Virus. Metode yang digunakan guru kurang bervariasi, serta kurangnya penggunaan media yang bervariasi, sehingga menyebabkan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar. Berdasarkan masalah diatas telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Padang Gelugur yang terdaftar pada semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas X8 sebagai kelas eksperimen dan X5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembaran soal tes hasil belajar untuk ranah kognitif dan lembar observasi untuk ranah afektif dan psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf 0,05. Berdasarkan analisis hasil tes akhir diperoleh perbedaan rata-rata hasil belajar Biologi siswa pada kedua kelas sampel. Nilai rata-rata kelas eksperimen (77,68) dan kelas kontrol (71,15). Hasil uji-t didapatkan thitung (2,26) sedangkan ttabel (1,67) maka hipotesis diterima. Penilaian afektif selama proses pembelajaran berlangsung dapat dilihat dari nilai keseluruhan modus pada kelas eksperimen dengan predikat B (3,02) dan kelas kontrol dengan predikat C (2,88). Nilai ranah psikomotor pada kelas eksperimen dengan predikat B- (2,77) dan kelas kontrol dengan predikat B (2,94). Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajan aktif tipe Everyone Is A Teacher Here disertai Media Gambar dapat berpengaruh baik terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman.