Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA N 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya
Main Author: | Ratna, Surya Prianto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1497/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1497/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1497/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1497/4/12010051%20RATNA%20SURYA%20PRIANTO.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1497/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA N 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya, karena proses pembelajaran masih didominasi oleh guru. Sumber belajar yang digunakan berupa buku paket dan LKS, masih kurang maksimal untuk dijadikan media pada materi virus. Interaksi siswa dengan guru dan sesama siswa dalam proses pembelajaran masih rendah, dalam proses pembelajaran guru dituntut kreatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran serta media pembelajaran yang tepat, khususnya pada materi virus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation disertai media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA N 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan rancangan penelitian Randommized Control Group-Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA N 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas XMIA2 sebagai kelas eksperimen dan XMIA3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh Thitung >Ttabel yaitu 3,08>1,66 maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data penilaian sikap kelas eksperimen adalah (3,66) dengan predikat SB, kelas kontrol (3,20) predikat B. Penilaian pengetahuan kelas eksperimen dengan predikat B (3,04), kelas kontrol dengan predikat B- (2,81). Penilaian keterampilan kelas eksperimen adalah (3,74) dengan predikat A-, sedangkan kelas kontrol dengan predikat A- (3,73). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA N 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya.