Daftar Isi:
  • Pada proses pembelajaran di SMPN 30 Padang guru belum menggunakan model dan media pembelajaran yang cocok. Pada proses pembelajaran ditemukan hanya beberapa siswa yang aktif dan mengemukakan pendapatnya saat proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah yaitu berada di bawah KKM (79). Usaha yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menerapkan model pembelajaran. Salah satunya model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran kooperatif Think Pair Share disertai media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share disertai media gambar terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VII di SMPN 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 30 Padang yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2016/2017 yang tersebar dalam 7 kelas. Dengan Simple Random Sampling, maka yang menjadi kelas sampel adalah siswa kelas VII.5 dan siswa kelas VII.7. Data dianalisis dengan menggunakan uji t (t-tes). Berdasarkan hasil analisis pada ranah kognitif didapatkan nilai pada kelas eksperimen (3,13) dengan predikat (SB) dan nilai pada kelas kontrol, (2,9) dengan predikat (B). Dari uji hipotesis yang dilakukan didapat bahwa thitung > ttabel dimana thitung = 2,06 dan t tabel = 1,67 maka hipotesis diterima. Berdasarkan Hasil analisis data penilaian ranah afektif didapatkan nilai modus pada kelas eksperimen dengan predikat Sangat Baik (3,61) dan pada kelas kontrol juga berada pada predikat Sangat Baik (3,52). Penilaian ranah psikomotor siswa kelas eksperimen didapatkan nilai dengan predikat A+ (3,88) dan pada kelas kontrol dengan predikat A- (3,55). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII di SMPN 30 Padang.