Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ada tidaknya hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar Geografi siswa di SMAN 5 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 174 siswa. Sampel penelitian diambil dengan proportional random sampling dengan proporsi 50% sehingga sampel berjumlah 87 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisa deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ditemukan bahwa prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMAN 5 Padang adalah 76,68 sebagian besar siswa tergolong sama dengan rata- rata kelas dengan persentase 44,82%. Rata-rata kemandirian belajar siswa kelas XI IPS di SMAN 5 Padang adalah 107,44, sebagian besar siswa tergolong di atas rata-rata kelas dengan persentase 55,17%. Hasil pengujian hipotesis membuktikan terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian dengan prestasi belajar Geografi siswa kelas XI IPS di SMAN 5 Padang karena thitung> ttabel (4,709 > 1,663), F hitung > F tabel (22,174 > 3,953), besarnya kontribusi kemandirian belajar terhadap prestasi belajar geografi yaitu sebesar 20,7%. yang berarti kecil dan hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar, diketahui nilai r = 0,455, berarti hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar termasuk kategori sedang.