Daftar Isi:
  • Hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan pada kelas XI SMA N 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya, didapatkan informasi bahwa guru belum terbiasa menggunakan pendekatan saintifik sesuai tuntutan kurikulum 2013. Penggunaan media pada proses pembelajaran masih kurang, sehingga siswa hanya mendengarkan apa yang diberikan guru atau tidak ada siswa yang mau bertanya pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini berdampak pada hasil belajar biologi siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). KKM yang ditetapkan yaitu 75, pada materi Jaringan Hewan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learnig disertai media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai media gambar pada kelas X1 SMAN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2016/2017 yang tersebar dalam 3 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dimana kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, dengan instrument penelitian pada ranah afektif berupa observasi sikap, kognitif berupa tes tertulis, psikomotor keterampilan dalam kegiatan praktikum. Data dianalisis dengan menggunakan uji t (t-tes) Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata ranah afektif kelas eksperimen lebih rendah dari pada kelas kontrol dimana th < tt hipotesis ditolak. Kelas eksperimen rata-ratanya 92 dan kelas kontrol rata-ratanya 96. Penilaian ranah kognitif kelas eksperimen (78,41), sedangkan kontrol (66,38), Dari uji hipotesis yang dilakukan didapat bahwa th > tt dimana t h = 4,10 dan tt = 1,67 maka hipotesis diterima. Penilaian ranah psikomotor kelas eksperimen dan kelas kontrol th > tt hipotesis diterima, rata-rata kelas eksperimen (93), sedangkan kelas kontrol rata-ratanya (81). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi XI SMAN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya.