Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Questions (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan

Main Author: Yohana, Yohana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/148/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/148/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/148/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/148/4/13010062%20YOHANA%20ok%20Flip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/148/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, siswa tidak mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum belajar, proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa dalam belajar hanya bersifat menerima saja, dalam proses pembelajaran hanya sebagian siswa yang mau bertanya. Hal ini dapat terlihat dari tidak adanya umpan balik dari siswa dalam menanggapi materi pelajaran yang diberikan guru dan juga ketika guru bertanya balik kepada siswa secara keseluruhan respon siswa hanya diam dan hanya beberapa siswa yang bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Dalam proses pembelajaran guru tidak ada menggunakan strategi pembelajaran. Dampaknya hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Questions (LSQ) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan kelas eksperimen XI IPA.3, kelas kontrol XI IPA.2 dan data dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Instrumen dalam penelitian ini pada ranah afektif berupa penilaian diri, dan instrumen pada ranah kognitif berupa soal pilihan ganda yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan analisis data penilaian ranah afektif kelas eksperimen dengan predikat baik (71,35) sedangkan pada kelas kontrol berada pada predikat cukup (67,17). Dari uji hipotesis yang dilakukan didapatkan thitung =1,80 sedangkan ttabel =1,67, berarti thitung ttabel, dengan demikian hipotesis diterima ( ). Analisis data penilaian ranah kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 82,20 dan 65,02. Dari uji hipotesis yang dilakukan didapatkan thitung =6,83 sedangkan ttabel =1,67, berarti thitung ttabel, dengan demikian hipotesis diterima ( ). Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Questions (LSQ) dapat berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan.