Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Disertai LDS Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang
Main Author: | Widia, Defega |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1471/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1471/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1471/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1471/4/11010252%20WIDIA%20DEFEGA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1471/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya rata-rata hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang. Salah satu penyebabnya adalah proses pembelajaran masih berpusat pada guru dimana siswa hanya menerima dan mencatat materi yang dijelaskan oleh guru sehingga siswa kurang bersemangat belajar biologi. Selain itu, kurangnya keterbukaan diri dalam menyampaikan pendapat, ketika guru bertanya hanya beberapa siswa saja yang menjawab pertanyaan dari guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai LDS terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dengan cara pengundian sehingga diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas VIII.1 dan Kelas kontrol yaitu kelas VIII.2. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif yaitu soal yang diberikan melalui tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda sebanyak 27 butir soal. Ranah afektif digunakan lembar observasi sikap (saling menghargai dan bertanggung jawab) dan psikomotor melalui penilaian produk (kelengkapan jawaban pada LDS, kelengkapan catatan, serta kebersihan dan kerapian tulisan). Teknik analisis data ranah kognitif menggunakan uji-t dengan taraf korelasi kepercayaan 95% (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian pada ranah kognitif diperoleh hasil tes belajar biologi siswa yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 60,59 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 49,30. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung (1,78) > ttabel (1,68) yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai sikap siswa pada kelas eksperimen yaitu baik (3,60) dan kelas kontrol yaitu baik (3,44), sedangkan pada ranah psikomotor diperoleh nilai pada kelas eksperimen yaitu B- (2,62) dan kelas kontrol yaitu B-(2,84). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai LDS dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang pada materi Sistem pernapasan pada manusia.