Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Media Gambar Pada Siswa Kelas X Di SMAN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Terhadap Hasil Belajar Biologi
Main Author: | Rahmayudi, Febrinaldi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/147/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/147/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/147/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/147/4/13010060%20RAHMAYUDI%20FEBRINALDI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/147/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran di SMAN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman masih belum maksimal dimana terlihat dari kurangnya inisitif siswa untuk bertanya maupun menjawab pertanyaan, proses pembelajaran masih terfokus pada guru, dan media yang diterapkan guru masih terbatas. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) disertai media gambar pada siswa kelas X di SMAN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan randomized posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 1 Tigo Nagari. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Analisis data pada hasil belajar ranah afektif yaitu memiliki predikat baik (B) dengan rata-rata kelas eksperimen adalah 83,56 dan kelas kontrol adalah 83,49 didapatkan thitung = 0,27 < ttabeS = 1,67 sehingga hipotesis ditolak. Pada ranah kognitif hasil tes tertulis memiliki predikat baik (B) dengan rata-rata kelas eksperimen adalah 80,94 dan kelas kontrol adalah 74,57 didapatkan thitung = 4,22 > ttabeS = 1,67 sehingga hipotesis diterima. Pada ranah psikomotor melalui laporan lembar diskusi dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 82,52 dengan predikat baik (B) dan kelas kontrol adalah 87,5 memiliki predikat sangat baik (A) dengan thitung = 0,0582 < ttabeS = 1,67 sehingga hipotesis ditolak. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) disertai media gambar dapat berpengaruh terhadap hasil belajar pada ranah kognitif, akan tetapi pada ranah afektif dan psikomotor tidak berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa.