Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi sistem ekskresi merupakan salah satu alasan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis blog. Faktor lain adalah belum ada media pembelajaran yang efektif yang mampu memfasilitasi siswa dalam belajar. Buku referensi yang ada hanya menyampaikan informasi dan belum mampu membantu siswa memahami konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang valid dan praktis pada materi sistem ekskresi untuk siswa kelas XI. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (Four D Models). Model pengembangan terdiri atas 4 tahap yang meliputi : Define (pendefenisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan sampai tahap Develop (pengembangan), yaitu uji validitas dan uji praktikalitas Data dianalisi dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil pengujian media pembelajaran berbasis blog oleh validator menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis blog berada pada kriteria sangat valid yaitu dengan presentase 86.65%. Hasil uji praktikalitas media pembelajaran berbasis blog berada pada kategori sangat praktis yaitu 84,45%, jadi disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis blog pada materi sistem ekskresi dikategorikan sangat valid dan sangat praktis.