Penerapan Mdel Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Disertai Dengan Lembar Diskusi Siswa (LDS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X di SMA Negeri 1 Tanah Sepenggal Muara Bungo Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Rosmiati, Rosmiati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1447/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1447/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1447/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1447/4/11010087%20ROSMIATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1447/ |
Daftar Isi:
- Hasil belajar biologi siswa kelas X di SMAN 1 Tanah Sepenggal Muara Bungo masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini disebabkan siswa kurang aktif saat proses pembelajaran berlangsung karena siswa kurang menguasai materi. Proses pembelajaran bilogi lebih banyak didominasi oleh metode ceramah dan diskusi sehingga proses pembelajaan kurang terarah hanya dari guru kepada siswa, siswa hanya mendengar dan mencatat penjelasan dari guru. Kurangnya motivasi dan minat belajar disebabkan masih banyak siswa yang beranggapan materi sulit. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Disertai Dengan Lembar Diskusi Siswa (LDS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X di SMA Negeri 1 Tanah Sepenggal Muara Bungo Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posstest Only Desain. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMAN 1 Tanah Sepenggal yang diajarakan oleh guru yang sama. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan kelas X.F sebagai kelas eksperimen dan kelas X.D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif adalah tes akir hasil belajar dan ranah afektif digunakan penilaian diri. Tehnik analisis data ranah kognitif dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisi tes akhir yang diperoleh nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa pada kedua kelas sampel. Dimana nilai rata-rata kelas eksperimen (45,05) dan nilai rata-rata kelas kontrol (44,54). Hasil uji-t didapatkan thitung =0,92 dan harga ttabel =1,67 sehingga hipotesis ditolak. Sedangkan ranah afektif kelas eksperimen nila rata-rata (67,06) dan kelas kontrol (65,49). Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) disertai dengan lembar diskusi siswa (LDS) terhadap hasil belajar biologi kelas X di SMA Negeri 1 Tanah Sepenggal Muara Bungo tahun pelajaran 2016/2017.