Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa yang masih dibawah KKM, hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang dilaksanakan pada umumnya masih berpusat kepada guru. Siswa hanya mendengarkan dan mencatat informasi yang diberikan guru tanpa ada pertanyaan tentang materi yang tidak dipahami untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan model pembelajaran kooperatif TPS disertai LDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think pair share (TPS) Disertai LDS terhadap hasil belajar IPA-biologi siswa kelas VIII SMPN 30 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 30 Padang yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VIII3 sebagai eksperimen dan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada kognitif adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penilaian pada ranah kognitif diperoleh hasil tes belajar biologi siswa yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen 66,06 dan nilai rata-rata kelas kontrol 63,36 hasil analisis hipotesis diperoleh Ttabel = 1,67 sedangkan Thitung = 0,47 berarti Fhitung < Ftabel dengan demikian hipotesis ditolak, pada ranah afektif berupa lembaran observasi sikap pada kelas eksperimen Ttabel= 1,67 sedangkan Thitung= 0,12 dengan demikian hipotesis ditolak sedangkan pada ranah psikomotor Ttabel = 1,67 sedangkan Thitung = 0,13 dengan demikian hipotesis ditolak. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai LDS terhadap hasil belajar IPA-biologi siswa kelas VIII SMPN 30 Padang.