Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMPN 22 Padang
Main Author: | Joni, Pratama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1440/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1440/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1440/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1440/4/10010205%20JONI%20PRATAMA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1440/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa dikelas VII SMPN 22 Padang, dimana hasil belajar siswa masih banyak dibawah KKM yaitu 78. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi dan lebih didominasi mengunakan metode ceramah dan tanya jawab, pembelajaran masih terpusat pada guru, dalam proses pembelajaran siswa terlihat pasif dan kurang menangapi apa yang disampaikan guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkanlah model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA biologi siswa kelas VII SMPN 22 Padang dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Penelitian ini dilaksanakan bulan Oktober-November 2016 di kelas VII SMPN 22 Padang semester 1 Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Rondomized Control-Group Postest Only Design. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen yaitu VII.4 dan kelas kontrol VII.3. Intrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif pada ranah kognitif. Lembar obsevasi sikap pada ranah afektif. Kelengkapan hasil diskusi dan kerapian pada ranah psikomotor. Teknik analisis data mengunakan uji-t dengan taraf 0,05. Hasil analisis data dari penilaian kognitif pada kelas eksperimen 68,76 dan pada kelas kontrol 60,91. Hasil uji-t didapatkan thitung = 2,53 dan ttabel = 1,67 maka hipotesis diterima. Penilaian ranah afektif pada kelas eksperimen dengan predikat B (3,11) sedangkan pada kelas kontrol berada pada predikat B (3,02). Penilaian psikomotor kelas eksperimen dengan predikat A- (3,83) dan kelas kontrol berpredikat A (3,88). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar IPA biologi siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) kelas VII SMPN 22 Padang.