Hubungan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 2 Padang
Main Author: | Putri, Sejati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1437/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1437/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1437/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1437/4/10010080%20PUTRI%20SEJATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1437/ |
Daftar Isi:
- Lingkungan dalam pembelajaran biologi dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang ada di sekolah atau tempat tinggal peserta didik yang berisi makhluk hidup maupun benda mati. Lingkungan dapat dijadikan sebagai sumber belajar, dapat menjadi objek pengamatan, sarana atau tempat melakukan percobaan, dan sebagai tempat mendapatkan informasi. Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran bertujuan agar peserta didik dapat berpikir secara mandiri, kreatif, dan mampu menyesuaikan diri dengan permasalahan pembelajaran biologi. Untuk itu telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan lingkungan sekolah dengan hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem di SMA Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasi dalam penelitian adalah guru yang mengajar kelas satu dan seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 7 kelas tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diambil sebanyak 15% dari masing-masing kelas dengan cara proporsional random sampling, sehingga sampel dari penelitian ini adalah 35 orang siswa dan 2 orang guru. Variabel bebas dari penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan sekolah sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar biologi siswa. Hasil penelitian ini yang telah dilakukan dapat diperoleh nilai koefisien produk moment (hubungan produk momen) 0,830 dengan kriteri sangat tinggi dan koefisien determinan yang diperoleh adalah 68,89%. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang baik antara pemanfaatan lingkungan sekolah dengan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 2 Padang.