Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Sijunjung
Main Author: | Indri, Yani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1431/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1431/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1431/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1431/5/14010228%20INDRI%20YANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1431/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian siswa kurang mampu memahami pembelajaran biologi terutama pada materi ekosistem sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa. Kondisi ini dikarenakan pembelajaran yang dilakukan belum mengaktifkan siswa dan rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran, meskipun sudah menggunakan metode diskusi dan tanya jawab. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata ulangan harian biologi siswa kelas X SMAN 9 Sijunjung yang masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dituntut kreativitas guru menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model tersebut adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 9 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMA Negeri 9 Sijunjung yang terdaftar pada tahun 2016/2017. Kelas eksperimen X.4 dan kelas kontrol X.3 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posted Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada kompetensi sikap adalah berupa lembar observasi yang bertujuan untuk melihat sikap siswa selama proses pembelajaran. Kompetensi ketrampilan dapat dilihat dari laporan diskusi yang dibuat siswa. Analisis data dilakukan dengan uji-t, dengan kriteria thitung>ttabel. Berdasarkan hasil penelitian didapat rata-rata tes hasil belajar pada kelas eksperimen 82,61 ( B), sedangkan rata-rata tes hasil belajar pada kelas kontrol 75,62 (B) setelah dilakukan pengujian dengan uji-t didapatkan harga thitung 2,17 dan ttabel 1,67 berarti thitung > ttabel, maka hipotesis pada penelitian ini dengan taraf kepercayaan 0,05% diterima. Untuk sikap siswa pada kelas eksperimen 84,61 (B) dan kelas kontrol 81,0 (B) baik. Ketrampilan siswa yang ditunjukkan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 72,11 (B) dan kelas kontrol 64,0 (C). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Negeri 9 Sijunjung.