Pengaruh Penerapan Model Investigation (GI) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Selfina, Anggraini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1427/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1427/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1427/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1427/4/13010180%20SELFINA%20ANGGRAINI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1427/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, kurangnya motivasi dan respon siswa dalam proses pembelajaran, padahal guru sudah menerapkan pendekatan saintifik, akan tetapi siswa masih cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Padasaat proses diskusi masih banyak siswa yang bersikap acuh takacuh terhadap kelompoknya, tanpa mempedulikan materi yang harus dikuasi oleh kelompoknya. Permasalahan tersebut berdampak terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri I Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Group Investigation (GI) disertai media gambardapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Enam Lingkung yang terdaftar pada tahun 2016/2017. Kelas eksperimen XI MIPA 5 dan kelas kontrol XI MIPA 3 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posted Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada penilaian sikap adalah berupa penilaian diri siswa, penilaian pengetahuan berupa soal objektif dan penilaian keterampilan dari laporan diskusi siswa. Analisis data dilakukan dengan uji-t, dengan kriteria thitung>ttabel.Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata hasil tes akhir pada pengetahuan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 80,76 dan kelas kontro l72,44. Hasil uji t didapatkan thitung>ttabel, yaitu thitung = 2,06 dengan ttabel = 1,68, dengan demikian maka hipotesis pada kedua kelas sampel diterima. Penilaiansikapkelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 91,52 dan kelas kontrol 87,60. Hasil uji t didapatkan thitung<ttabel yaitu thitung = 1,10 dengan ttabel = 1,68, dengan demikian maka hipotesis pada kedua kelas sampel maka ditolak. Penilaian keterampilan kelas eksperimen memperoleh rata-rata 76,38 dan kelas kontrol 67,33. Hasil uji t didapatkan thitung>ttabel, yaitu thitung = 2,96 dengan ttabel = 1,68, dengan demikian maka hipotesis pada kedua kelas sampel diterima. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Group Investigation (GI) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman pada penilaian pengetahuan, keterampilan dan tidak terdapat pengaruh pada penilaian sikap.