Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Disertai LDS Bergambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 3 Lengayang

Main Author: Ria, Utami
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1424/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1424/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1424/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1424/4/13010177%20ria%20utami.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1424/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 3 Lengayang. Hal ini disebabkan karena kurangnya variasi guru biologi dalam menggunakan metode, dan strategi serta belum menggunakan model pembelajaran, membuat proses pembelajaran yang dilakukan belum mengaktifkan siswa. Selain itu guru hanya menggunakan media papan tulis pada materi sistem reproduksi manusia dan siswa hanya menjadi pendengar pasif saat pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, digunakan model Think-pair-share disertai LDS bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-share disertai LDS bergambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 3 Lengayang. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 3 Lengayang pada semester II tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas eksperimen XI.IPA 1 dan kelas kontrol XI.IPA 2. Data hasil belajar biologi siswa pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Hasil analisis data ranah afektif, kognitif, dan psikomotor pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel maka hasil belajar biologi siswa pada kelas eksperimen berbeda nyata dari kelas kontrol, hal ini berarti hipotesis diterima (H1). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share disertai LDS bergambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 3 Lengayang.