Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MAN 3 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Melda, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1420/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1420/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1420/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1420/4/13010145%20Melda%20Sari.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1420/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan PBM yang dilaksanakan guru belum sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa terlihat pada rata-rata nilai ulangan harian siswa kelas X MAN 3 Padang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan, penerapan model pembelajaran Problem Based learning (PBL) disertai media Gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based learning (PBL) disertai media Gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MAN 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas X MAN 3 Padang pada tahun 2016/2017. Kelas eksperimen X IPA 1 dan kelas kontrol X IPA 3 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Group Postest Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada ranah sikap berupa lembar penilaian diri dan penilaian antar teman siswa, ranah kognitif berupa soal objektif pilihan ganda dan ranah psikomotor berupa penilaian produk (kerapian tulisan dan kelengkapan isi laporan). Teknik analisis data ranah afektif, kognitif dan psikomotor menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan 95% (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada kelas sampel yaitu pada ranah afektif rata-rata penilaian diri pada kelas eksperimen 86,67 lebih tinggi dari kelas kontrol 84,09 sedangkan rata-rata nilai antar teman kelas eksperimen 83,59 lebih tinggi dari pada antar teman kelas kontrol 79,42. Pada ranah kognitif nilai rata-rata kelas eksperimen 75,42 lebih tinggi dari kelas kontrol 51,70. Pada ranah psikomotor nilai rata-rata kelas eksperimen 81,99 lebih tinggi dari kelas kontrol 78,91. Hipotesis untuk kelas sampel pada ranah kognitif diterima, sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor hipotesis ditolak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di sertai media gambar belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor sedangkan pada ranah kognitif dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas sampel MAN 3 Padang.