Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 1 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Elvi, Yulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1417/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1417/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1417/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1417/4/13010135%20ELVI%20YULIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1417/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih terpusat kepada guru, kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah diskusi dan tanya jawab sehingga siswa menjadi kurang aktif, media yang digunakan sangat terbatas, pembagian kelompok yang dilakukan tidak secara heterogen serta model yang digunakan juga tidak bervariasi. Hal tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Ranah Pesisir. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan “Randomized Control Group Posttest Only Design”. Populasi ini adalah seluruh kelas X SMA N 1 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas XMIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XMIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada ranah afektif berupa lembar observasi yang bertujuan untuk melihat sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung, Ranah kognitif adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 35 butir soal. Dan ranah psikomotor dapat dilihat pada hasil laporan diskusi siswa. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji – t dengan kriteria thitung>ttabel. Hasil analisis data yang didapatkan dari uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh harga Lo= 0,0685 dan Ltabel = 0,190 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh harga Lo= 0,0965 dan Ltabel= 0,161 ini menunjukkan bahwa data berdistribusi normal karena Lo<Ltabel. Setelah melakukan uji normalitas maka dilanjutkan dengan melakukan uji homogenitas terhadap data. Hasil uji homogenitas untuk kelas sampel diperoleh harga Fhitung= 0,78 dan Ftabel= 1,90 maka kedua sampel dikatakan homogen karena Fhitung < Ftabel. Karena kedua sampel homogen maka dilakukan uji akhir atau uji hipotesis dimana diperoleh harga thitung >ttabel yaitu 4,03>1,67 (taraf nyata dengan peluang 0,95). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelejaran Group Investigation (GI) disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan.