Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Disertai LKPD Bergambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA N 6 Solok Selatan
Main Author: | Rafika, Yanni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1408/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1408/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1408/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1408/4/13010114%20RAFIKA%20YANNI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1408/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat siswa dalam belajar. Saat guru menyampaikan materi yang diajarkan, banyak siswa yang hanya diam dan tidak mau menjawab pertanyaan guru, sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu materi yang masih dibawah KKM (78) adalah sistem reproduksi manusia. Berdasarkan masalah tersebut telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) disertai LKPD bergambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA N 6 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Postest Only Design. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan pada ranah afektif berupa rubrik penilaian sikap (bekerjasama dan bertanggung jawab), ranah kognitif berupa soal objektif pilihan ganda sebanyak 33 butir soal dan ranah psikomotor berupa rubrik penilaian produk (kerapian tulisan dan kelengkapan isi laporan). Teknik analisis data pada ketiga ranah menggunakan uji-t dengan taraf korelasi kepercayaan 95% (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data pada ranah afektif dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 88,04 dan kontrol 82,81. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung (1,83) > ttabel (1,68) berarti hipotesis diterima. Ranah kognitif dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 78,33 dan kontrol 72,46. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung (1,59) < ttabel (1,68) berarti hipotesis ditolak. Ranah psikomotor dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 82,79 dan kontrol 77,95. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung (1,10) < ttabel (1,68) berarti hipotesis ditolak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) disertai LKPD bergambar sudah dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada ranah afektif tetapi pada ranah kognitif dan psikomotor belum dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA N 6 Solok Selatan.