Daftar Isi:
  • Hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTsN 1 Lubuk Basung masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Disebabkan karena kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini terlihat ketika guru memberikan pertanyaan hanya beberapa siswa yang mampu menjawab pertanyan. Pada saat pembelajaran berkelompok hanya beberapa siswa yang mengerjakan tugas kelompok dan tidak ada rasa peduli terhadap materi yang harus dikuasainya, begitu juga buku sumber yang tersedia juga terbatas sehingga menyebabkan siswa bosan untuk belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw disertai handout terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTsN 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan populasi dan sampel adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Lubuk Basung yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan kelas eksperimen kelas VIII.1, kelas kontrol kelas VIII.3 intrumen penilaian yang digunakan pada ranah konigtif adalah soal pilihan ganda yang dilaksanakan melalui tes akhir. Ranah afektif berupa lembaran peniliaan diri siswa. Ranah psikomotor berupa penilaian produk dari laporan diskusi kelompok siswa dan data dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian yang dilakukan pada kelas sampel didapatkan bahwa nilai tes akhir ranah kognitif pada kelas eksperimen memilki rata-rata kelas 66,03 dan kelas kontrol 56,67. Hasil uji-t didapatkan bahwa thitung = 1,74 > ttabel = 1,67 maka hipotesis diterima. Untuk afektif nilai rata-rata kelas eksperimen 80,17 dan kelas kontrol 70,87. Hasil uji-t didapatkan thitung = 2,05 > ttabel = 1,67 maka hipotesis diterima. Hasil analisis data penilaian psikomotor yang ditunjukkan nilai rata-rata pencapaian optimum 63,96 dan kelas kontrol mendapatkan 42,39 hasil uji-t diperoleh thitung = 11,18 < ttabel = 1,67 dengan demikian hipotesis diterima. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa model pembelajara Jigsaw disertai Handout dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada penilaian konigtif, afektif dan psikomotor pada siswa kelas VIII MTsN 1 Lubuk Basung Kabupaten agam tahun ajaran 2016/2017.