Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai LDS Bergambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Refni, Wahyu Nengsi Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1400/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1400/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1400/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1400/4/13010072%20refni%20wahyu%20nengsi%20putri.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1400/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran di SMA N 3 Lengayang yang dilakukan belum dapat mengaktifkan siswa, hal ini terjadi karena kurangnya variasi guru biologi dalam menggunakan metode, dan strategi serta belum menggunakan model pembelajaran, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) yang ditetapkan yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning disertai LDS bergambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 3 Lengayang pada semester II tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas eksperimen X.A dan kelas kontrol X.B. Instrumen penelitian yang digunakan pada ranah afektif berupa lembar observasi sikap siswa selama proses pembelajaran, ranah kognitif berupa soal pilihan ganda yang diberikan dalam bentuk tes tertulis dan ranah psikomotor dilihat dari penilaian produk Hasil analisis data ranah kognitif pada taraf nyata 95% diperoleh thitung 2,23 dan ttabel = 1,67 (thitung > ttabel) maka hasil belajar biologi kelas eksperimen berbeda nyata dari kelas kontrol. Hal ini berarti hipotesis diterima (H1). Rata-rata nilai siswa pada kelas eksperimen 79,93 sedangkan kelas kontrol 71,87. Data ranah afektif pada taraf nyata 95% diperoleh thitung = 4,15 dan ttabel 1,67 (thitung > ttabel) maka nilai sikap siswa kelas eksperimen berbeda nyata dari kelas kontrol, hal ini berarti hipotesis diterima (H1). Rata-rata nilai afektif siswa kelas eksperiemen 83,77, sedangkan kelas kontrol 67,70. Hasil analisis data ranah Psikomotor pada taraf nyata 95% diperoleh thitung 2,24 dan ttabel 1,67, (thitung > ttabel) maka nilai psikomotor siswa kelas eksperimen berbeda nyata dari kelas kontrol, hal ini berarti hipotesis diterima (H1). Rata-rata nilai psikomotor siswa kelas eksperiemen 85,93, sedangkan kelas kontrol adalah 74,74. Dapat disimpulkan bahwa model Problem based learning (PBL) disertai LDS bergambar dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa SMA N 3 Lengayang Kabupaten Pesisir SelatanTahun Pelajaran 2016/2017.