Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Disertai Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMAN 2 Koto XI Tarusan
Main Author: | Antos, Riyal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1396/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1396/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1396/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1396/4/13010064%20ANTOS%20RIYAL.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1396/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran di SMAN 2 Koto XI Tarusan masih belum maksimal, ini terlihat dari minat belajar dan membaca siswa rendah dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, model pembelajaran yang diterapkan guru kurang tepat, proses pembelajaran masih terfokus pada guru, guru belum pernah menggunakan media dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan nilai siswa rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar Biologi siswa kelas X dengan menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Disertai Video di SMAN 2 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan populasi dan sampel adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Koto XI Tarusan yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan kelas eksperimen kelas X.2, kelas kontrol kelas X.1 dan data dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Instrumen dalam penelitian ini pada ranah afektif berupa observasi sikap, instrumen pada ranah kognitif berupa soal pilihan ganda melalui tes tertulis, dan instrumen pada psikomotor berupa prodak laporan hasil pengamatan. Hasil penelitian yang dilakukan pada kelas sampel didapatkan analisis data penilaian ranah afektif kelas eksperimen dengan predikat baik (81,99), sedangkan kontrol berada pada predikat cukup (63,34). Dari uji hipotesis yang dilakukan didapatkan thitung > ttabel, dengan demikian hipotesis diterima ( ). Penilaian ranah kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 82,79 dan 72,14. Dari uji hipotesis yang dilakukan didapatkan thitung > ttabel, dengan demikian hipotesis diterima ( ). Penilaian ranah psikomotor kelas eksperimen dengan predikat sangat baik (89,64), sedangkan kontrol berada pada predikat baik (84,23). Dari uji hipotesis yang dilakukan didapatkan thitung > ttabel, dengan demikian hipotesis diterima ( ). Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Disertai Video dapat meningkatkan hasil belajar Biologi pada penilaian afektif, kognitif dan psikomotor siswa kelas X SMAN 2 Koto XI Tarusan.