Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Disertai Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 33 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Intan, Permata Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Lainnya |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1392/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1392/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1392/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1392/4/13010048%20INTAN%20PERMATA%20SARI.PDF http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1392/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 33 Padang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni proses pembelajaran masih kurang aktif, dimana guru masih sering menggunakan metode ceramah. Kurangnya keterbukaan diri dan bertukar pendapat antara siswa dengan siswa dan antara siswa dengan guru sehingga siswa kurang terlatih dalam berfikir, akibatnya siswa sulit untuk menganalisis suatu permasalahan. Guru lebih sering menggunakan media papan tulis sehingga media pembelajaran kurang bervariasi. Ketika guru menerangkan pelajaran banyak siswa yang meribut menceritakan hal- hal yang tidak berkaitan dengan materi yang diajarkan. Siswa masih belum mampu memecahkan masalah dalam pembelajaran yang berhubungan dengan kehidupan nyata. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah yaitu berada dibawah KKM 80. Upaya mengatasi permasalahan tersebut penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media video terhadap hasil belajar biologi, sikap dan psikomotor siswa kelas VII SMPN 33 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randommized Control Group-Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa Kelas VII SMPN 33 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penilaian yang digunakan pada ranah kognitif adalah berupa soal pilihan ganda yang dilaksanakan melalui tes akhir. Ranah afektif berupa lembar observasi sikap siswa yang diamati oleh observer. Ranah psikomotor berupa penilaian produk. Hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji t. Rata-rata hasil tes akhir ranah kognitif siswa kelas eksperimen adalah 78,59 dan 72,78 untuk kelas kontrol. Berdasarkan Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 2,35 > 1,67. Rata-rata nilai siswa untuk ranah afektif kelas eksperimen 80,64 dan kelas kontrol 64,29. Berdasarkan Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 3,86 > 1,67. Ranah psikomotor rata-rata nilai siswa kelas eksperimen 79,90 dan kelas kontrol 61,31. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 4,28 >1,67. Artinya hipotesis ketiga ranah pada penelitian ini diterima, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media video dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa, sikap dan juga psikomotor siswa kelas VII di SMPN 33 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017.