Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP N 31 Padang

Main Author: Dwi Wulandari, Wulandari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1389/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1389/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1389/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1389/4/13010041%20DWI%20WULANDARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1389/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya stimulasi yang diberikan oleh guru kepada siswa yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM yaitu 80 pada materi Pencemaran Lingkungan dan Pemanasan Global. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran guru telah menerapkan pendekatan saintifik tetapi belum bisa mengaktifkan siswa karena pada saat proses pembelajaran siswa kurang serius mengikuti pembelajaran dan saat disuruh diskusi kelompok hanya beberapa siswa yang aktif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkanlah model Discovery Learning disertai Media Gambar yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran serta hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai Media Gambar terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP N 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomied Control Group Posstest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 31 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Randome Sampling dengan kelas VII6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembaran tes hasil belajar siswa. Instrumen hasil belajar sikap berupa lembaran penilaian diri dan antar teman, dan instrumen hasil belajar keterampilan adalah lembaran penilaian keterampilan. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t, dengan kriteria th > tt. Hasil analisis pada ranah afektif diperoleh hasil uji-t didapatkan th= -2,1, dan tt= 1,67 t hitung > t tabel sehingga hipotesis ditolak. Pada ranah kognitif hasil tes akhir siswa dengan rata-rata kelas eksperimen adalah 88,41 dan kelas kontrol 81,54 hasil uji-t didapatkan th= 2,75, dan tt= 1,67 t hitung > t tabel sehingga hipotesis diterima. Pada ranah psikomotor hasil uji-t didapatkan th= -0,77, dan tt= 1,67 diperoleh t hitung < t tabel sehingga hipotesis ditolak. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai media gambar meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif, sedangkan hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotor tidak mengalami peningkatan.