Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning disertai Animasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII IPA SMP N 13 Padang

Main Author: Minda, Erwina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1388/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1388/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1388/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1388/4/13010039%20MINDA%20ERWINA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1388/
Daftar Isi:
  • Selama proses pembelajaran berlangsung dikelas VIII SMPN 13 Padang siswa kurang aktif, selain itu dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi kelompok sehingga hasil belajar masih rendah dan mengakibatkan nilai siswa berada dibawah KKM (78). Usaha yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan diatas adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang bervariasi salah satu model pembelajaran yaitu Discovery Learning disertai media Animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai media Animasi terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII IPA SMP N 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized control-Group Postest Only Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan sampel kelas VIII 1 dan VIII 3. Instrumen dalam penelitian untuk ranah afektif adalah lembaran observasi sikap siswa selama proses pembelajaran, instrumen kognitif adalah validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda dan indeks kesukaran soal, dan instrumen psikomotor adalah laporan hasil diskusi siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji t (t-tes). Hasil penelitian yang dilakukan pada kelas sampel didapatkan bahwa penilaian ranah afektif kelas eksperimen berada pada predikat sangat baik (3,90) dan kelas kontrol berada pada predikat baik (3,30). Nilai kognitif pada kelas eksperimen dengan rata-rata 84,35 dan kelas kontrol 51,66. Dari uji hipotesis didapatkan bahwa thitung = 11,69 dan ttabel = 55,1, maka hipotesis diterima. Hasil analisis data penilaian psikomotor kelas eksperimen mendapatkan predikat A- (3,75) sedangkan kelas kontrol mendapatkan predikat B- (2,80). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning disertai animasi dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 13 Padang.