Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Disertai Handout Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Limau
Main Author: | Ummul, Chairani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1382/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1382/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1382/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1382/4/13010037%20UMMUL%20CHAIRANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1382/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar biologi siswa masih rendah, minat belajar siswa kurang, siswa tidak fokus dalam belajar, dan siswa tidak berani bertanya serta mengemukakan pendapatnya sehingga sulit mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka guru dituntut kreatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran serta media pembelajaran yang tepat, khususnya pada materi sistem pertahanan tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa dengan menerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) disertai Handout pada kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April tahun 2017 di SMAN 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Goup Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Limau yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan didapatkan kelas XI IPA.2 sebagai kelas ekseprimen dan XI IPA.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk ranah kognitif yaitu tes tertulis dalam bentuk soal objektif dengan 5 option, ranah afektif yaitu penilaian observasi sikap dan aktivitas belajar siswa, sedangkan untuk ranah psikomotor melalui penilaian produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan kriteria thitung > ttabel. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, rata-rata nilai siswa pada ranah kognitif hasil tes akhir untuk siswa kelas eksperimen adalah 67,11 dan 56,83 untuk kelas kontrol. Berdasarkan Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh > (2,54 > 1,68), artinya hipotesis pada ranah kognitif diterima. Rata-rata nilai siswa pada ranah afektif pada kelas eksperimen 92,20 dan 80,56 untuk kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh > (2,99 > 1,68), artinya hipotesis pada ranah afektif diterima. Rata- rata nilai siswa pada ranah psikomotor untuk siswa kelas eksperimen adalah 81,25 dan 76,83 untuk kelas kontrol. Berdasarkan Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t’ diperoleh - 2,06 < t’ < 2,06 dimana nilai t’=1,99 artinya hipotesis pada ranah psikomotor diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar biologi pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa dengan menerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) disertai Handout pada kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.