Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA PGRI 1 Padang

Main Author: Fitri, Handayani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/138/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/138/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/138/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/138/4/11050331%20FITRI%20HANDAYANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/138/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, hal ini dikarenakan siswa masih menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI IPA SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA PGRI 1 Padang yang terdiri dari tiga kelas. Terpilih kelas XI IPA 1, sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk essay dengan = 0,948 dan = 0,388, hal ini menunjukkan bahwa soal tes reliabel. Berdasarkan hasil analisis diketahui kedua kelas sampel tidak berdistribusi normal dan tidak homogen, maka untuk pengujian hipotesis digunakan statistika non parametrik yaitu uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai = dan = 0,517,karena dengan demikian hipotesis (ditolak yaitu pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMA PGRI 1 Padang.